Proses Pembentukan Batubara

Kondisi Batubara yang ada saat ini sangat dipengaruhi oleh pembentukannya berjuta tahun yang lalu, bagaimana kondisinya dan lain-lain. Secara singkat pembentukan Batubara dijelaskan pada gambar berikut

  • Untuk mendapatkan batubara, maka lingkungan pengendapannya biasanya berupa rawa dengan tingkat kelembapan tinggi.
  • Vegetasi pada lingkungan tersebut mati kemudian terbentuklah Peat (Gambut).
  • Kemudian gambut tersebut mengalami kompresi dan pengendapan diantara lapisan sedimen dan juga mengalami kenaikan temperatur akibat geothermal gradient. Akibat proses tersebut maka akan terjadi pengurangan porositas dan Pengurangan Moisture sehingga terlepasnya grup OH, COOH, OCH3, dan CO dalam wujud cair dan gas. karena banyaknya unsur oksigen dan Hidrogen yang terlepas maka unsur karbon relatif bertambah yang mengakibatkan terjadinya Lignit (Brown Coal)
  • Kemudian dengan adanya kompresi yang terus menerus serta kenaikan temperatur maka terbentuklah Batubara SubBituminus dan Bituminus dengan tingkat kalori yang lebih tinggi dibandingkan dengan Brown Coal.
  • Bumi tidak penah berhenti, oleh karena itu kompresi terus berlangsung diiringi bertambahnya temperatur sehingga moisture sangat sedikit serta unsur karbon yang banyak merubah batubara sebelumnya ke tingkat yang lebih tinggi yaitu Antrasit yang merupakan kasta tertinggi pada batubara😀

Tentunya dengan mengetahui sejarah pembentukan, jenis formasi, dan peta Geologi maka akan menjadi petunjuk untuk menemukan Batubara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s