Efisiensi dan Efektifitas

Seringkali kita berbicara akan suatu efisiensi dan efektifitas pada pekerjaan kita, ataupun kegiatan sehari-hari kita. Apa sih sebenarnya Efisiensi dan Efektfitas? apa perbedaannya?

  • Efisiensi

Efisiensi melihat seberapa baik sumber daya digunakan dalam suatu aktifitas. Semakin rendah input sumber daya yang dibutuhkan untuk memproduksi pada suatu aktifitas dengan tingkatan tertentu, maka semakin tinggi nilai Efisiensi. Secara harfiah dapat diartikan meningkatkan hasil tanpa mengubah jumlah sumber daya yang digunakan, atau mencapai tingkat tujuan yang sama dengan menggunakan sumber daya yang lebih sedikit. Dengan kata lain Efisiensi lebih memfokuskan kepada Input dari produksi, yakni penggunaan sumber daya dengan optimal. Berikut contoh Efisien pada aktifitas sehari-hari:

  • Pada penggunaan mobil, percepatan dilakukan secara perlahan agar tidak menghabiskan bahan bakar dan kanvas rem.
  • Penggunaan belok kiri langsung pada beberapa ruas jalan agar tidak ada delay pada kendaraan yang menghabiskan bahan bakar.
  • Efektifitas

Efektifitas melihat bagaimana tujuan dari seluruh sistem, oprasi, atau aktifitas tercapai. Dengan kata lain Efektifitas lebih memfokuskan kepada target Output dari produksi, yakni tercapainya target produksi. Berikut contoh dari Efektifitas pada aktifitas sehari-hari:

  • Penggunaan 4WD (Four Wheel Drive) pada kendaraan tambang dapat dinilai efektif melihat kondisi jalan tambang yang licin tidak beraspal, tapi akan menjadi tidak efektif apabila digunakan pada jalan kota yang beraspal.
  • Pembuatan halte bus dekat dengan pemukiman akan efektif mengingat tujuan trasportasi umum adalah untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat agar tidak jauh berjalan menuju transportasi umum.
  • Contoh pandangan sempit dari Efesiensi yang mempengaruhi Efektifitas

Suatu perusahaan tambang menggunakan kendaraan oprasional tanpa fasilitas 4WD (Four Wheel Drive) untuk memberikan Efisiensi terhadap bahan bakar dan harga sewa per unit kendaraannya, akibatnya adalah kendaraan tersebut banyak mengalami hambatan yakni pergerakan kendaraan yang lambat dan kendaraan stuck ketika melewati jalan dengan kondisi tanah sehingga target produksi tidak tercapai.

  • Efisiensi yang meningkatkan Efektifitas

Suatu perusahaan jasa pengiriman barang menerapkan sistem belok kiri langsung pada jalur yang dilalui oleh kendaraan pengiriman barang tersebut untuk mendapatkan Efisiensi yang tinggi yaitu dengan mengurangi delay yang akan menghabiskan bahan bakar akibat lampu merah. Efeknya adalah kendaraan jasa pengiriman barang tersebut dapat mengirim barang lebih cepat dan dengan frekuensi lebih banyak per tahunnya sehingga Efektifitas meningkat dibanding tahun lalu.

4 Comments Add yours

  1. Adam says:

    thanks yaaa

  2. Kwek says:

    trimakasih

  3. jagatbatara says:

    sama-sama, senang bisa berbagi.

  4. fira says:

    makasih banyak ya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s