Log Plot

Salah satu tahap pengolahan data bor yaitu membuat log litologinya, salah satu software yang bisa digunakan ialah LogPlot keluaran Rockware. Data bor yang berupa data open hole dan coring kita dokumentasikan kedalam log plot untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik. Berikut catatan saya waktu dulu mengerjakan log plot.

Tahapan yang saya gunakan dalam membuat data LogPlot adalah:

  1. Membuat design dan Export design kedalam excel untuk menyalin data lapangan.
  2. Merubah data pada Excel untuk menjadi data pada Log Plot.
  3. Merubah data menjadi profile lubang bor.

Gambaran Proses Secara Umum

1. Membuat Design

Membuat design pada LogPlot disesuaikan dengan kebutuhan dan jumlah data yang ada. Ketika membuka program LogPlot maka layar Design (FileàNewàLogDesign) maka layar akan terbagi menjadi 3 bagian, yaitu Header, Log body, dan Footer.

Header/Footer, Log Body.

Header dan Footer merupakan judul atau legenda dari Log Body, untuk membuat header/footer dapat menggunakan kolom pada sebelah kiri seperti yang ditunjuk oleh garis merah pada gambar dan untuk membuat Log Body dapat menggunakan kolom Log Body seperti yang ditunjuk pada gambar.

Dengan menggunakan kolom tersebut kita bisa membuat design sesuai dengan kebutuhan, sebagai contoh saya akan membuat design untuk hasil Coring bor Geotek. Biasanya dibuat dahulu pada bagian Log Body dan kemudian dibuat Header dan Footernya.

Gambar 2. Log Body untuk Bor Geotek.

Saya membuat design sesuai dengan ketersediaan data pada lapangan masing masing kolom pada log body tersebut dibuat dari tabel log body pada sebelah kiri, bisa dilihat pada gambar dimana garis merah mengarah pada output dan input pada log body. Untuk setting dan konfigurasi pada masing masing tabel dapat diatur saat membuat atau setelah membuat tabel.

Tahap selanjutnya adalah membuat header/footer berdasarkan log body contohnya dapat dilihat pada gambar berikut

            Gambar 3. Header and Footer untuk Bor Geotek.

Header dibuat berdasarkan log body, dimana header menjadi judul atau legenda. masing masing kolom pada header tersebut dibuat dari tabel header pada sebelah kiri, bisa dilihat pada gambar dimana garis merah mengarah pada output dan input pada header.

kemudian Design di save dengan tipe *.ldfx dan Data di export menjadi Excel bila ingin di edit dari excel.

2. Merubah data pada Excel untuk menjadi data pada Log Plot.

langkah pertama dengan Membuka Design yang sudah dibuat, kemudian data excel tersebut dimasukkan ke dalam Data Editor Window melalui menu File / Import / Excel dengan catatan Data Editor Window dalam keadaan aktif.

3.Merubah data menjadi profile lubang bor.

Sebelum melakukan kompilasi, terlebih dahulu melakukan setup page melalui menu File / Setup atau shortcut dan setup log option melalui menu Option / Log Setting.

Setup Page, Paper, dan Printer

Setup Log Option

Setup Page Setting

setelah log option disetting, dilakukan kompilasi melalui menu Log / Compile a Log.

Kemudian akan muncul box top – bottom setting, dimana kita menetapkan skala yang akan digunakan.

Hasil kompilasi data file akan muncul dalam Log View Window dan hasilnya dapat diekspor ke dalam bentuk picture file (emf, wmf, png, bmp, jpg, tiff) melalui menu File / Export.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s