Drilling Activity pada explorasi batubara

gak kerasa sudah setahun bekerja pada perusahaan batubara. banyak pengalaman menarik yang tak terlupakan. Sekarang saya ingin sharing mengenai aktifitas pengeboran pada batubara.

Kegiatan drilling dilakukan pada perusahaan batubara untuk mendapatkan data yang lebih detail dan dapat diperkirakan cadangan dengan akurat, selain itu data tesebut dapat juga digunakan untuk memperoleh kualitas batubara, data geologi teknik, serta untuk pemboran hidrogeologi dapat diketahui muka air tanah dan jenisnya.

Bebagai jenis pemboran pada explorasi batubara yang akan kita bahas yaitu pemboran terbuka (open hole drilling) dan pemboran inti (core drilling). Tetapi sebelum melakukan pemboran tersebut kita tentukan dahulu titik bornya dengan melakukan stake out titik bermodalkan gps. Kemudian dilakukan pembuatan drill pad (luas dan kondisinya disesuaikan dengan kebutuhan) menggunakan dozer (biasanya untuk rig non portable) sedangkan untuk rig portable pembuatan drill pad biasanya dilakukan manual dengan menggunakan tenaga manusia (biasanya sakti sakti mereka :D)

Setelah drillpad siap, maka rig siap dipindahkan untuk melakukan tugasnya. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah tata letak peralatan rig, harus sesuai dengan safety pada site perusahaan masing masing. Biasanya dipasang safety line pada daerah dengan potensi bahaya besar dan crew harus menggunakan APD (alat pelindung diri). Bila ada shift malam maka tata penerangan lampu harus dapat menerangi seluruh areal kerja, kalau saya biasanya menggunakan 6 lampu sorot @500W mengelilingi rig atau sesuai kebutuhan. Jangan lupa hal yang paling penting, tenda geologist harus pada posisi yang enak, jauh dari asap mesin bor dan ditempat yang teduh agar kita bisa bekerja dengan nyaman🙂

Night Shift

Untuk kegiatan open hole drilling produk yang keluar adalah cutting, yaitu material batuan yang tertransportasi oleh fluida yang disemprotkan dari alat bor. Mekanismenya adalah sebagai berikut:

Cutting yang keluar biasanya dikumpulkan per meter pipa masuk oleh FA (Field Assistant) yang nantinya akan kita deskripsi pada form deskripsi.

 Cutting Sample

Berbeda dengan core drilling, produknya yang keluar adalah core dari batuan tersebut seperti pada gambar dibawah:

core sample

Jangan lupa juga untuk memperhatikan progres dari core tersebut agar kegiatan coring tetap akurat dan tidak ditipu kontraktor😀

Progres biasanya dicatat pada papan sebagai berikut:

Core Progress Tab

Core run adalah meteran yg dimasukan oleh driller

Cored adalah panjang core yang keluar

Core loss adalah panjang core yang hilang (bila core run tidak sama dengan cored)

Recovery adalah persentase core yang keluar

SU adalah stick up pipa pada batasnya, +3maksudnya ditambah pipa panjang 3m

Kemudian core tersebut di deskripsi dan di ambil sample sesuai dengan kebutuhan. Untuk sample quality, core batubara dipisahkan antara sediment roof, coal roof, coal body, parting, coal floor, sediment floor sample tersebut dilapisi plastic wrap agar kedap udara dan dimasukan plastik dengan terdapat nomor sample dan kedalamannya. Tujuannya untuk mengetahui analisis proksimat dan utlimat serta hubungannya pada batubara.

Untuk sample geotek memiliki perlakuan yang lebih khusus dan lembar deskripsinya pun berbeda. Pengambilan sample pada geotek ini dilakukan dengan interval 5-7meter per litologi, dimana sample core tersebut tidak boleh patah atau rusak untuk disampling. Sample dilapisi plastik wrap, dibungkus alumunium foil, dilapisi paralon, di isolasi tape, dicatat no sample, kedalaman, serta posisi top dan bottom.

Setelah pengeboran mencapai target maka sebelum pipa diangkat dilakukan kegiatan Geophysical Logging, yang ditujukan untuk mengetahui kedalaman akurat batubara yang nantinya akan dilakukan rekonsiliasi terhadap data kedalaman sample. Parameter pada Geophysical Logging dibuat sesuai kebutuhan, dalam kegiatan ini hanya menggunakan densitas dan Gamma.

Geophysical Logging

Setelah proses Geophysical Logging selesai saatnya Moving ke Lokasi baru.

3 Comments Add yours

  1. nmr says:

    sangat menarik aktivitas sampeyan … :-bd

  2. sirozuddin says:

    Mantaph Sharing nya Mas Jagat.. Lanjutkan.. Insyaallah bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s